Sejarah Tentang Blog Ini :D
Tau ga sih abang abang sama mpo mpo knapa saya bikin blog
ini, mungkin udah ada yang tau kenapa saya bikin blog ini, yang belom tau ni
saya kasih tau knapa.
blog ini buat salah satu tugas mata kuliah saya di
kampus nih bang sama mpo, IMK nama mata kuliahnya, dosen nya asik, suka becanda
sama nerangin mata kuliahnya ga begitu bikin pusing, kalo ga percaya coba aja
:D
dan kalo mau kenal lebih jauh sama dosennya silakan kunjungi aja langsung abang sama mpo ke blog nya langsung http://asuheri.wordpress.com/
Oke seklias tentang IMK
Apa Itu IMK ?
Interaksi manusia dan komputer human–computer
interaction (HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antaramanusia
dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi anatarmuka
pemgguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha
menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan
interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan
kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang
keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka
untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Sistem harus sesuai dengan
kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai.
Pengenalan IMK
· Pada tahun
1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga
dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik
perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
· Perusahaan
komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor
penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.
· Istilah
human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai
bidang studi yang baru.
· Istilah
HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas,
tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.
Mengapa IMK Itu diperlukan dalam dunia teknologi komputer
Hal yang mendasari adanya IMK adalah karena kebutuhan
manusia untuk berinteraksi dengan komputer di zaman modern ini sangat komplek
dimana segala sesuatu telah dikomputerisasi. Saat manusia menggunakan komputer
seperti mengetik data, menyentuh tombol power, menekan mouse tanpa disadari
manusia telah berinteraksi atau berkomunikasi dengan komputer. Manusia baru
menyadari mereka berkomunikasi dengan komputer ketika terjadi kesalahan dan
tidak menemukan solusinya dan manusia biasanya selalu menyalahkan antar muka
yang kurang komunikatif, kurang menarik, dan kurang inovatif. Oleh karena itu
maka diperlukan Interaksi Manusia dan Komputer.
Tujuan utama dari adanya interaksi manusia dan komputer
adalah:
· User
friendly (ramah dengan pengguna) : Kemampuan yang dimiliki software atau
program aplikasi untuk mudah dioperasikan dan beberapa kemampuan lain
sehingga pengguna pemula pun dapat mengoperasikannya.
· WYSIWYG
(What You See Is What You Get) : Kemampuan yang dimiliki software atau program
aplikasi untuk menampilkan apa yang sesungguhnya didapat oleh pengguna.
· Menambah
kenyamanan pengguna sehingga pengguna tidak merasa frustasi atau cepat bosan.
· Implikasi:
meninggkatkan kepuasan kerja dan menurunkan tingkat absensi pekerja.
Siapa saja yang terlibat dalam IMK
Psikologi ilmu kognitif yang memberikan dasar
pengehtahuan mengenai presepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan
masalah.
Ergonomi yang memberikan dasar pengehtahuan mengenai
kemampuan/ karakteristik fisik user.
Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi
secara luas.
Ilmu komputer dan tehnik rekayasa untuk membangun teknologi
yang di butuhkan.
Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan
hasil.
Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang
efektif mengenai interface.
Technical writing agar mampu membuat manual.
Ruang Lingkup IMK
Ruang Lingkup IMK meliputi 3 komponen :
1. Manusia, Manusia merupakan
pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki
karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam
menggunakan komputer.
2. Komputer, merupakan
peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras)
dan software (perangkat lunak).
3. Interaksi, manusia dan komputer
berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka (Brainware)
Contoh dari IMK
Contoh IMK dalam kehidupan sehari – hari :
1. Touch screen pada smartphone
2. Tampilan pada komputer yang
semakin ramah
3. Dan masih banyak lagi


0 komentar:
Posting Komentar